'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pelatihan Pengawas Menelan Obat (PMO), Community TB HIV Care ‘Aisyiyah Sub-Sub Recipient (SSR) Kota Malang
27 Februari 2017 18:56 WIB | dibaca 909

Pengawas Menelan Obat (PMO) merupakan pemegang peranan penting dalam upaya pengobatan bagi pasien TB . PMO dapat berasal dari keluarga, tetangga, saudara, tokoh masyarakat atau tokoh agama yang tinggal disekitar pasien yang mau dan secara sukarela membantu pasien untuk menyelesaikan pengobatannya.

Kegiatan ini merupakan pelatihan bagi Pengawas Menelan Obat yang sebaiknya berasal dari keluarga pasien TB. Pengawasan pengobatan pasien TB BTA positif baru sangat penting untuk memastikan bahwa pengobatan berlangsung dengan baik dan berhasil sampai sembuh.Untuk itu seorang PMO yang terlatih dan memiliki keterampilan dalam pengawasan pengobatan pasien TB, merupakan suatu kebutuhan program penanggulangan TB yang paling penting dan mendasar. Keberhasilan memutuskan rantai penularan TB bergantung pada suksesnya PMO melaksanakan pengawasan pengobatan hingga dinyatakan sembuh oleh tenaga kesehatan.

PMO yang dilaksanakan pada hari Kamis hingga Jumat (23-24/2), bertempat di Hotel Grand Raggea, Jalan Taman Borobudur No. 6-8 Malang ini bertujuan untuk: 1) membentuk PMO yang terampil dalam melaksanakan kegiatan penanggulangan TB di masyarakat; 2) Melatih PMO untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan dalam pendampingan pengobatan pasien TB semua tipe (CNR); dan 3) Melatih PMO untuk memiliki keterampilan dalam melakukan pencatatan pendampingan pengobatan kasus TB semua tipe dengan kartu control PMO.

Pemateri dalam PMO ini adalah Nenny Roostrianawaty, ST, MTdengan materi “Pengenalan tentangCommunity TB Care ‘Aisyiyah SSR Kota Malang”, Dra. Hj. Sri Herawati dengan materi “Peran ‘Aisyiyah Dalam Penanggulangan TB di Kota Malang”, Hj. Fatmah Kartadengan materi “Tuntunan Rohani Bagi PMO”, dan Drs. Joko Susilo, M.Si dengan materi “Berkomunikasi dengan Baik”. (Ruly)

Shared Post: