'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Seratus Juta Rupiah dari 'Aisyiyah Kota Malang untuk Lombok
20 Agustus 2018 16:00 WIB | dibaca 247

 

Musibah gempa di Lombok pada awal Agustus lalu merupakan musibah yang cukup besar menimpa bangsa Indonesia. Gempa berkekuatan 7.0 Skala Ritcher itu menghantam rumah-rumah, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, sekolah, dan banyak lagi bangunan vital lainnya. Banyak korban berjatuhan hingga ratusan orang tewas, ratusan bahkan ribuan orang luka-luka, baik yang berat maupun ringan.

 

Dilansir dari BBC Indonesia, layanan kesehatan di wilayah Lombok Utara pun boleh dikatakan lumpuh sejak hantaman gempa berkekuatan 7 Skala Richter, pada Minggu (05/08), padahal warga yang terdampak gempa justru sangat membutuhkan obat-obatan dan tenaga medis.

 

Penanganan kesehatan untuk masalah darurat pun akhirnya dilakukan dengan alat dan tenaga medis seadanya, karena berbagai rumah sakit yang tersebar di wilayah Nusa Tenggara Barat mengalami kerusakan berat.

 

Humas SAR Mataram, Agus Hendra Sanjaya mengungkapkan sebagian besar bangunan puskemas luluh lantak rata dengan tanah, mengakibatkan pelayanan kesehatan korban gempa di Lombok Utara, wilayah yang terdampak paling parah, terpaksa dilakukan secara darurat.

 

Pelayanan masih (dilakukan) di luar. Masih darurat. Masih tidak berani (dilakukan) di dalam (ruangan) karena mengingat tadi malam ada gempa susulan lagi. Jadi masih melaksanakan pelayanan darurat, seperti di dalam tenda atau area terbuka. 

 

Begitu besarnya kerusakan dan korban yang berjatuhan akibat musibah yang menimpa Pulau Seribu Masjid ini, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Malang dengan cepat tanggap menggalang dana bantuan untuk para korban di Lombok. Satu hari sejak gempa itu terjadi, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Malang terus menginstruksikan pada jajarannya untuk segera menghimpun dana sosial sesegera mungkin.

 

"Aksi penggalangan dana dimulai dari jajaran Pimpinan. Setelah jajaran Pimpinan memberi contoh, maka yang lain pun akan mengikuti. Saya, sekretaris, bendahara dan seluruh Pimpinan mengerahkan seluruh Pimpinan di Cabang maupun Ranting untuk segera membantu saudara-saudara kita yang ada disana." ujar Sri Herawati, Ketua Umum Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Malang saat diwawancarai di kediamannya. 

 

Terhitung hingga tanggal 11 Agustus PDA Kota Malang sudah menghimpun dana bantuan untuk gempa Lombok total sebesar 72 juta rupiah. Semuanya diserahkan lewat LAZISMU Kota Malang yang kemudian akan disalurkan bersama MDMC (Muhammadiyah Disaster and Management Center) Kota Malang. Sebelum terkumpul dana sebanyak itu, dengan berangsur-angsur PDA Kota Malang menyalurkan dana bantuan tersebut pada LAZISMU Kota Malang untuk sesegera mungkin disalurkan pada daerah terdampak bencana gempa Lombok. Mulai dari pengadaan air bersih, dapur umum, pengadaan terpal, serta sekolah dan trauma service bagi korban bencana. Dana bantuan juga disalurkan untuk kebutuhan para relawan selama berada di lokasi terdampak bencana. Bahkan PDA Kota Malang memberikan santunan bagi keluarga yang ditinggalkan oleh para relawan selama melakukan baktinya di lokasi bencana. 

 

"Karena kalau mereka ditinggal suaminya untuk jadi relawan, siapa yang mencari nafkah saat mereka ditinggal? Maka kami berinisiatif untuk memberikan santunan pada istri-istri relawan, semoga barokah." terang Ibu Ketua PDA Kota Malang.

    

PDA Kota Malang terus menghimpun dana bantuan dari para jamaahnya dan sampai saat ini terkumpul sebesar Rp 100.275.000,- (terhitung tanggal 16 Agustus 2018). 

 

"Semuanya akan kami salurkan lewat LAZISMU yang bekerjasama dengan MDMC Kota Malang. Kami berharap yang sedikit dari Ibu-Ibu Aisyiyah Kota Malang mulai dari Ranting hingga tingkat Kota ini akan meringankan saudara-saudara kita disana. Semoga bermanfaat dan barokah." kata Ibu dari tujuh anak ini.

 

Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Malang selalu melakukan aksi penggalangan dana dengan cepat dan teroganisir dengan baik. Tidak hanya bencana gempa di Lombok, pada beberpa waktu yang lalu PDA Kota Malang juga selalu mengedarkan surat instruksi untuk bencana longsor, banjir dan musibah lain di seluruh Indonesia. Sesuai dengan visi misi Aisyiyah agar tercapai usaha-usaha ‘Aisyiyah yang mengarah pada penguatan dan pengembangan dakwah amar ma’ruf nahi munkar, salah satunya dengan memberikan dana bantuan sosial bagi siapapun yang membutuhkan. Mari kita doakan pemulihan dan pembangunan bagi saudara-saudara kita di Lombok dapat terlaksana dengan baik dan segera bangkit kembali dari keterpurukan akibat bencana. 

 

Malang, 16 Agustus 2018

 

Kontributor:

Jihan, PD Nasyiatul Aisyiyah Kota Malang.

Shared Post: