'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Tiga Kewajiban bagi Orangtua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini
31 Januari 2017 09:53 WIB | dibaca 572

Ketua Majelis Dikdasmen PCA Klojen Uzlifah SS menyampaikan hal itu pada acara Parenting yang diadakan TK ABA 17 Bareng Tengah Kota Malang, Selasa (13/12). Dalam paparanya, Ifah, panggilan akrabnya, mengupas tentang peran orangtua dalam membentuk karakter anak sebagai generasi Qurani.

Di hadapan 109 wali murid, Ifah menyampaikan bahwa dalam pembentukan karakter anak ada tiga hal wajib bagi orang tua. Pertama, menanamkan nilai kedisiplinan pada anak sejak dini. “Hal yang paling cepat diterima oleh anak adalah contoh berupa tindakan dari orang tua. Jadi orang tua harus sering mencontohkan perilaku disiplin dalam kesehariannya, khususnya dalam pelaksanaan ibadah-ibadah wajib,” ungkapnya.

Kedua, lanjut Ifah, pembiasaan sejak dini yang kaitannya dengan amal shaleh, seperti mengucapkan salam setiap masuk rumah atau kebiasaan berdoa sebelum melakukan sesuatu. “Dan ketiga, memilihkan lingkungan yang berkualitas bagi anak, khususnya lingkungan sekolah,” tutur Ifah sambil menyarankan agar nanti mereka melanjutkan ke sekolah-sekolah Muhammadiyah agar ilmu yang didapat tidak terputus. “Karena kualitasnya selalu terjamin dan jauh lebih baik daripada sekolah negeri.”

Kepala Sekolah TK ABA 17 Latifah Spd menuturkan, kegiatan Parenting sangat penting demi masa depan anak. “Karena itu orang tua harus berperan aktif dalam pembentukan karakter anak. Sehingga lingkungan yang dipilihkan orang tua sangat berpengaruh dalam proses perkembangan anak,” ujarnya. (*)

Shared Post: